Tuesday, February 16, 2016

Presiden Jokowi Kunjungi Langsung Pembangunan Jalan Tol Trans – Sumatera



Untuk Ketiga Kalinya Presiden Jokowi Melihat  Langsung Perkembangan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera


Berita Jokowi TerbaruPresidenJokowi (Joko Widodo) kembali mengunjungi langsung proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera pada hari Kamis, 11 Februari 2016. Presiden Jokowi terlihat gembira ketika memantau langsung proses pembangunan Jalan Tol – Trans Sumatera yang berlokasi di ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Lampung.

Presiden Jokowi terlihat gembira karena melihat perkembangan yang bagus dalam pengerjaan pembangunan Jalan – TolTrans Sumatera di Bakauheni - Terbanggi Besar, Lampung sangat pesat. Dimana Presiden Jokowi menyebutkan proses pembangunan Jalan Tol – Trans Sumatera ini sangat baik

"Saya terus ingin menunjukkan tol Trans Sumatera ini tidak hanya ke dalam negeri, tapi juga ke luar negeri," pesan Presiden Jokowi di lokasi peninjauan melalui Tim Komunikasi Presiden, Kamis (11/2/2016).

Sangat jelas tujuannya pembangunan infrastruktur yang baik di Negara Indonesia, selain untuk kepentingan masyarakat Indonesia sendiri ada keuntungan tersendiri yaitu kredibilitas pemerintah di mata investor dunia akan menjadi meningkat penilaiannya terhadap Negara Indonesia.

Sementara itu mengenai anggaran dana untuk pembangunan Jalan Tol – Trans Sumatera ini pemerintah sudah menyiapkan dana segar 1.2 Triliun guna pembebasan lahan dan juga penggarapan proyeknya.

"Kira-kira kita memang harus mempersiapkan Rp 1,2 triiliun untuk di Lampung," tutur Presiden Jokowi.

Proses pembebasan lahan di Lampung menurut Presiden Jokowi berjalan dengan terlalu cepat. Hal tersebut tentunya membuat Gubernur Lampung mengeluhkan supaya kinerja tersebut dibarengi dengan kecepatan pendanaan proyek pembangunan jalan Tol – Trans Sumatera di Lampung.

"Pak Gubernur Lampung telah meminta kepada saya untuk mempercepat proses pencairan dana untuk lahan pembangunan jalan tol tersebut," tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi sendiri sudah ke empat kalinya ini mengunjunggi langsung lokasi pembangunan jalan Tol – Trans Sumatera, pertama tanggal 29 Mei 2015, 13 Juni 2015, 6 November 2015, dan yang terakhir tanggal 11 Februari 2016 kemarin.

Menurut Presiden Jokowi akan dilakukan pengecekan secara berkala hingga proyek pembangunan jalan Tol – Trans Sumatera ini rampung dan siap digunakan oleh masayarakat. Seperti yang dituturkan Presiden Jokowi, "Saya akan cek lagi, cek lagi dan cek lagi,"‎

Dalam kunjungannya tersebut Presiden Jokowi juga menuturkan bahwa sebagian jalan Tol – Trans Sumatera akan dapat dilalui untuk diujicoba pada arus mudik lebaran Idul Fitri tahun ini. Sebagian jalan tersebut antara lain seperti jalan sepanjang 7 Km yang menghubungkan jalan Ir Sutami dengan jalan ke Kotabaru Lampung Selatan. Atau juga bisa sebaliknya dari Kotabaru menuju jalan Ir Sutami.

Sementara dari pihak penggarap proyek pembangunan Jalan Tol – Trans Sumatera yakni PT Waskita Jaya menuturkan bahwa penggarapan jalan akan bisa dilakukan dengan lancar dan tepat waktu sesuai yang direncanakan apabila juga dibarengi dengan cepatnya pembebasan lahan yang masih belum selesai.

Manager PT Waskita Jaya, Marsesa Edward menuturkan, "Bulan Maret 2016 target gerbang tol selesai sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi macet pada arus mudik mendatang. Kami akan membuka gerbang tol di dua lokasi itu,"

Manager PT Waskita Jaya menuturkan bahwa jalan Tol – Trans Sumatera akan dapat dilalui pada arus mudik lebaran mendatang jika pengerjaan proyeknya mampu stabil dengan dapat mengerjakan jalan tol sepanjang 200 – 300 meter per harinya.

Sedangkan untuk total keseluruahn proyek pengerjaan Jalan Tol – Trans Sumatera ini PT Waskita Jaya mentargetkan pada akhir tahun 2017 nantinya semuanya akan selesai digarap dengan total jalan tol sepanjang 40.6 kilometer.

Baca Juga Berita Jokowi Blusukan :
http://smeaker.com/nasional/7876/berita-hari-ini-jokowi-blusukan-ke-kampung-kumuh-palembang-pemerintah-setempat-kebakaran-jenggot/

No comments:

Post a Comment